KEUTAMAAN DOA AKHIR DAN AWAL TAHUN BARU ISLAM

Keutamaan doa akhir dan tahun baru islam
KEUTAMAAN DOA AKHIR DAN AWAL TAHUN BARU ISLAM
Tak terasa waktu terus berjalan, dari hari berganti minggu, minggu berganti bulan dan bulan berganti tahun. Kini kita sekarang berada di penghujung tahun 1437 H dan akan memasuki tahun baru islam 1438 H. Dan selama ini kita pastinya telah melakukan banyak dosa, baik itu dosa yang disengaja ataupun dosa yang tidak disengaja. Oleh karena itu, dipenghujung tahun ini marilah kita isi dengan amalan ibadah puasa ataupun kebaikan-kebaikan disertai dengan berdo'a memohon ampunan kepada Allah SWT, semoga diakhir tahun ini dosa-dosa kita diampuni dan kita dimasukkan kedalam golongan khusnul khotimah. Amin.

Rasulullah SAW bersabda : 


أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ
yang artinya :
Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada syahrullah (bulan Allah) yaitu Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam."

Setelah kita berpuasa disiang hari pada akhir tahun hijriyah terus kita disunahkan membaca doa akhir tahun 3x yang waktunya sesudah sholat ashar. ini doanya :



artinya :
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Semoga Allah melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami nabi Muhammad SAW, beserta para keluarga dan sahabatnya. Ya Allah, segala yang telah ku kerjakan selama tahun ini dari apa yang menjadi larangan-Mu, sedang kami belum bertaubat, padahal Engkau tidak melupakannya dan Engkau bersabar (dengan kasih sayang-Mu), yang sesungguhnya Engkau berkuasa memberikan siksa untuk saya dan Engkau telah mengajak saya untuk bertaubat sesudah melakukan maksiat. Karena itu ya Allah, saya mohon ampunan-Mu dan berilah ampunan kepada saya dengan kemurahan-Mu. Segala apa yang telah saya kerjakan selama tahun ini berupa amal perbuatan yang Engkau ridhai dan Engkau janjikan akan membalasnya dengan pahala. Saya mohon kepada-Mu wahai Dzat Yang Maha Pemurah, wahai Dzat Yang Mempunyai Kebesaran dan Kemuliaan semoga berkenan menerima amal kami dan semoga Engkau tidak memutuskan harapan kami kepada-Mu wahai Dzat Yang Maha Pemurah. Dan semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan atas penghulu kami Muhammad sekeluarga dan para sahabatnya.

Dalam satu riwayat disebutkan: Barang siapa yang membaca doa akhir tahun hijriyah 3x sesudah sholat ashar maka berkatalah syaitan : " Kesusahanlah bagiku dan sia-sia lah pekerjaanku menggoda anak Adam(manusia) pada setahun ini”. Maka dibinasakanlah dengan satu saat saja, dengan membaca do’a ini disertai dengan istighfar memohon ampun kepada Allah dengan bersungguh-sungguh maka insya Allah dosa-dosanya di ampuni oleh Allah Ta’ala dalam setahun ini.

Setelah kita membaca doa akhir tahun hijriyah, kita juga di sunahkan membaca doa awal tahun hijriyah yang waktunya sehabis sholat magrib.dibaca 3x. inilah doanya :

yang artinya :
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabatnya. Ya Allah Engkaulah yang abadi, dahulu, lagi Awal. Dan hanya kepada anugerah-Mu yang Agung dan Kedermawanan-Mu tempat bergantung. Dan ini tahun baru benar-benar telah datang. Kami memohon kepada-Mu perlindungan dalam tahun ini dari (godaan) setan, kekasih-kekasihnya dan bala tentaranya. Dan kami memohon pertolongan untuk mengalahkan hawa nafsu amarah yang mengajak pada kejahatan agar kami sibuk melakukan amal yang dapat mendekatkan diri kami kepada-Mu wahai Dzat yang memiliki Keagungan dan Kemuliaan. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta para keluarganya dan sahabatnya.

Dalam satu riwayat disebutkan. "Barangsiapa yang membaca doa awal tahun hijriyah dengan bersungguh-sungguh maka Allah akan memberikan perlindungan dan pertolongannya dari segala macam bencana dan godaan setan. Sehingga dalam tahun itu akan membawa perubahan, kebahagiaan dan ketentraman lahir & bathin. Allah juga mengutus dua malaikat yang selalu menyertainya agar tidak terjerumus ke dalam tipu daya setan dan terhindar dari fitnahnya serta nafsu angkara murka yang dapat membawa kepada kehancuran dirinya.

Kesimpulan :
1. Mari kita akhiri tahun 1437 H ini dengan  melalukan ibadah-ibadah atau melakukan kebaikan-kebaikan serta menjauhi larangan-larangan Allah . Kemudian membaca doa di akhir waktu ashar dengan bersungguh sungguh. Semoga dosa-dosa kita dimasa lalu diampuni oleh Allah SWT dan kita dimasukkan kedalam golongan khusnul khotimah.

2. Mari kita awali tahun baru 1438 H ini dengan kebaikan, yaitu setelah sholat magrib kita melakukan sholat sunah 2 Roka'at kemudian membaca doa awal tahun seperti diatas. Dan kita niati untuk lebih baik lagi beribadahnya dari tahun yang sebelumnya. Semoga kita dijauhkan dari godaan syaitan dan diberi kemudahan untuk melakukan amal kebaikan. Amin

baca juga artikel :

3 comments:

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete
  2. The third mainstay of wellbeing and health is our body pH balance. Being wellbeing basically implies that your body pH balance is at a basic degree of 7.356 of higher, instead of being at a pH balance level under 7 where generally debilitated or sick bodies are known to live. The lower the body's pH balance level, the more acidic it is, and the more noteworthy the WellNess Pitch of that body being infected.

    ReplyDelete

copyright © . all rights reserved. designed by Color and Code

grid layout coding by helpblogger.com