CARA MELAKUKAN OLAH RAGA YANG BENAR

Cara Melakukan Olah Raga Yang Benar
Olah Raga

Olah raga sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan kita. Tubuh yang jarang sekali digerakan itu akan menjadi kaku dan pastinya kalau dibiarkan lama kelamaan itu bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh kita. Misalnya kegemukan badan, penyakit jantung, pengeroposan tulang, stroke dsb. Oleh karena itu untuk mengindari itu semua kita harus membiasakan pola hidup sehat, salah satunya adalah dengan rutin berolah raga. 

Waktu yang paling baik untuk berolah raga adalah dipagi hari sekitar jam 6 supaya udara masih bersih dan sejuk, belum banyak pencemaran udara. Menurut penelitian dari Mollen Clinic, Arizona, Amerika Serikat bahwa berolah raga dipagi hari itu dapat meningkatkan semangat untuk beraktivitas sepanjang hari, dibandingkan orang yang tidak melakukan melakukan olah raga. 

Setelah kita mengetahui waktu yang baik untuk berolah raga, kita juga harus mengetahui cara berolah raga yang benar supaya badan kita menjadi sehat, segar dan bugar. Jangan sampai kita berolah raga tapi seharian kita pegal-pegal gak karuan. Oleh karena itu teknik melakukan olah raga juga perlu di perhatikan.

Sebelum Olah Raga Pagi Konsumsi Makanan dulu
Apabila kita berencana melakukan olah raga yang memakan waktu yang lama, kita seharusnya makan sarapan dulu supaya kita mempunyai banyak energi untuk berolah raga. Namun jikalau kita berolah raganya cuma sebentar kita cukup mengkonsumsi buah pisang saja. Karana buah pisang itu dapat dicerna dengan cepat kemudian diolah menjadi energi. Satu buah pisang saja cukup karena mengandung magnesium, karbohidrat, serta kalium yang sangat bermanfaat.

1. Minum Air Putih
Sebelum berolah raga kita sebaiknya minum air putih/air mineral dulu supaya kita tidak kekurangan cairan(dehidrasi) sekaligus menjaga konsentrasi otak saat berolah raga. Bahkan setiap bangun tidurpun kita sangat dianjurkan untuk langsung meminum air putih.

2. Mulai dari jam 6 Pagi
Kenapa jam 6 pagi? karena jam enam pagi belum banyak orang yang beraktivitas alhasil udara masih bersih, sejuk dan menyegarkan. selain itu udara pagi yang masih bersih itu bisa menyehatkan organ paru-paru yang manfaatnya kita bisa terhindar dari gangguan pernapasan.

3. Lakukan Pemanasan
Sebelum berolah raga kita wajib melakukan dulu yang namanya pemanasan. kenapa harus pemanasan dulu? bayangkan saja setelah semalaman kita tidur(otot beristirahat) lalu tiba-tiba kita memaksanya untuk lari-lari, push-up, sit-up, dll. Pastinya otot-otot akan kaget dan bisa beresiko terkena kram otot atau bahkan pusing-pusing sakit kepala.

Pemanasan atau stretching bisa dilakukan selama 5-10 menit. Gerakannyapun sederhana seperti yang telah kita pelajari sewaktu SD dulu.
Gerakan Pemanasan sebelum olah raga

4. Lanjutkan dengan Joging ringan
Setelah pemanasan, kita lanjutkan dengan jonging (lari-lari kecil). Tidak perlu jauh-jauh, cukup mengelilingi komplek atau cuma disekitar rumah kita saja.

5. Olah raga sesuai hobi kita
Tahukah anda, badan menjadi sehat setelah olah raga adalah manfaat lain dari olag raga? sedangkan manfaat yang paling utama dari berolahraga adalah kondisi jiwa dan mental yang sehat. Pastinya akan percuma jika anda melakukan olah raga tetapi perasaan kita tidak senang. Oleh karena itu, pilihlah jenis olah raga yang sesuai hobi anda masing masing. Bisa Bersepeda, sepak bola, bola basket, bulu tangkis dsb.

6. Pendinginan
Pendinginan sama pentingnya dengan pemanasan. Saat  melakukan pendinginan, maka Anda akan membantu tubuh yang semula beraktivitas karena latihan menjadi kembali tenang. Olahraga membuat tekanan darah dan detak jantung meningkat. Pendinginan bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan suhu tubuh Anda kembali normal.

Jadi bisa disimpulkan bahwa cara melakukan olah raga yang benar adalah jangan memulai olah raga dengan perut kosong, minum air putih dulu setelah itu harus melakukan pemanasan dilanjutkan dengan olah raga yang disukai setelah itu diakhiri dengan pendinginan.

baca juga artikel :

3 comments:

  1. tidak lupa juga, sebelum olah raga tentu pemanasan dulu.
    teknik dasar bola basket

    ReplyDelete
  2. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete
  3. terimakasih untuk informasinya.
    http://bit.ly/2U0Uca7

    ReplyDelete

copyright © . all rights reserved. designed by Color and Code

grid layout coding by helpblogger.com