8 Manfaat air garam untuk kesehatan gigi dan mulut

Manfaat air garam



Sob, Garam adalah bumbu dapur yang wajib ada di setiap dapur, karena kalau tidak ada garam pasti semua masakan tidak akan enak rasanya. Saking wajibnya masakan pakai garam sampai-sampai dijadikan pepatah " Bagai sayur tanpa garam " . he..he.. Ngomong ngomong masalah garam, selain untuk bumbu dapur, garam juga banyak sekali manfaatnya lho. Bisa untuk pengobatan, perawatan kulit, menghilangkan bau badan, menghilangkan bau mulut dan lain lain.

Baiklah disini kita atan membahas tentang manfaat air garam untuk kesehatan mulut dan sekitarnya. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh dengan 250 ml atau 1 gelas air putih. Awas jangan banyak-banyak yah garamnya klo lebih bisa menimbulkan mual. Setelah garam larut semuanya pakailah untuk kumur-kumur selama 5 menit. Berkumur-kumurlah sampai sisa-sisa makanan di gigi dan kuman-kuman terlepas. Setelah sekitar 5 menit buanglah air bekas kumur-kumurnya jangan ditelan. Kalau ditelan akan ada efek sampingnya (asin dan terasa mual). Lalu diamkan sekitar 1 menit supaya iodium dalam mulut bisa bereaksi. Setelah itu jika mulut masih terasa asin atau mual bisa kumur kumur lagi dengan air biasa.

Untuk Kesehatan Gigi dan mulut, berkumur-kumur dengan air garam bisa dilakukan 2x dalam sehari, pagi dan malam sebelum tidur. dan baiknya sebelum berkumur-kumur dengan air garam kita menggosok gigi dahulu supaya bersih.

Jaman sekarang sudah banyak sekali Produk pembersih mulut (Mouthwash) yang mengandung bahan aktif seperti povidone, cetypyridinium clorida, chorheidine dll. Tapi kebanyakan produk produk tersebut lama lama kelamaan bisa merusak email gigi dan terkadang bisa mengakibatkan iritasi di rongga mulut jika tidak cocok dengan produk tersebut. Jadi supaya aman mending pakai yang alami saja yaitu air garam.

1. Membersihkan Mulut
Dengan berkumur kumur dengan air garam, sisa-sisa makanan dan kuman yang menempel pada gigi dan sekitarnya itu akan terangkat dan bisa dibersihkan. 

2. Obat kumur paling murah
Jaman sekarang banyak sekali produk produk mouthwash yang ditawarkan. Tapi harganya lumayan dan kalau ada gigi yang sensitif dengan bahan tertentu nanti bisa menjadi iritasi. Mendingan pakai air garam, murah dan mudah ditemukan pula. Disamping itu manfaatnya juga hampir sama dengan mouthwash.

3. Mencegah timbulnya rasa ngilu.
Air garam dapat membersihkan gigi tanpa merusak lapisan gigi, tapi bagi sobat yang mempunyai gigi sensitif itu tidak dianjurkan terlalu sering bekumur dengan air garam. Berkumurlah dengan air garam kalau sobat tidak mengalami efek samping atau mual2.

4. Melindungi Email Gigi
Kandungan natrium klorida dan iodium dalam garam sudah lama dimanfaatkan untuk kesehatan. Dalam garam juga mengandung Flour dan phospor yang bermanfaat untuk pembentukan tulang dan gigi serta dapat melindungi email gigi dari kerusakan.

5. Baik bagi penderita radang gusi
Berkumur dengan air garam sangat baik untuk penderita radang gusi karena berkumur-kumur dengan air garam akan menarik keluar bakteri dari sel sehingga bakteri akan keluar dari sel dan mati.

6. Menguatkan gusi.
Garam bersifat astrigen sehingga dapat menguatkan gusi, Kandungan kloridanya juga dapat membunuh kuman dan menghilangkan sisa makanan dirongga mulut. Air garam juga bisa melenturkan otot dan bisa mengurangi rasa sakit pada otot.

7. Menghilangkan bau mulut
Air garam jika digunakan dengan konsentrasi rendah itu bisa menyuburkan pertumbuhan bakteri, tetapi jika penggunaannya dengan konsentrasi tinggi itu dapat membunuh bakteri tersebut sehingga bisa menghilangkan bau mulut. Kandungan iodium dalam garam juga baik untuk mikroorganisme dan tidak menimbulkan warna dan bau.

8. Meredakan sakit gigi
Jika kita sedang mengalami sakit gigi, berkumur dengan air garam adalah obat yang paling murah dan cukup mujarab, karena dengan berkumur dengan air garam itu akan memembersihkan sisa-sisa makanan dan membunuh kuman2 penyebab sakit gigi.

Itu dia 8 manfaat burkumur dengan air garam. jadi jika sobat bermasalah dengan mulut, gigi atau gusi, sobat jangan bingung-bingung cari obat, tapi cukup ambil garam yang beryodium lalu campur dengan air hangat terus berkumur selamat 5 menit. Insya Allah dengan rutin berkumur dengan air garam itu bisa menyembuhkan sakit gigi dan sekitarnya. tetapi jika sudah lama namun belum sembuh juga segeralah sobat periksakan ke dokter.

baca juga artikel :

3 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete
  3. makasih untuk infonya kak sangat berguna sekali

    permen tolak angin

    ReplyDelete

copyright © . all rights reserved. designed by Color and Code

grid layout coding by helpblogger.com